loading...

HEADLINE

MENAKJUBKAN. SANSEVIERA: TANAMAN AJAIB YANG MAMPU MENYERAP 107 JENIS POLUTAN DI UDARA


Kondisi lingkungan yang buruk dalam beberapa dekade terakhir ini mempengaruhi kualitas hidup manusia menjadi semakin merosot. Tingginya tingkat polusi dan pencemaran udara yang disumbangkan oleh cerobong pabrik, asap kendaraan bermotor maupun gelombang radiasi yang dipancarkan oleh berbagai perangkat modern seperti komputer dan handpone selluler membuat status kesehatan kita semakin dipertanyakan. 

Sanseviera atau kita lebih familiar menyebutnya lidah mertua. Tanaman asal benua Afrika ini bukanlah tumbuhan yang asing bagi kita. Tanaman telah lama dianggap sebagai salah satu penetral yang menyumbangkan energi positif bagi kesehatan. Tumbuh dan dibudidayakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman maupun ruang perkantoran, Hotel maupun tempat layanan publik lainnya. Lidah mertua merupakan tanaman yang tergolong dalam genus Dracaena dari keluarga Ruscaceae. 



(Verietas Sanseviera )

Tanaman ini diperkirakan memiliki lebih dari 70 jenis spesies dan memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan dan juga tidak boros air. Sanseviera memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing dengan beragam jenis corak warna yang memanjakan mata bagi pemiliknya

Dibalik kesederhanaannya ia memiliki manfaat yang tak bisa dianggap remeh bagi lingkungan yaitu :
1.    Anti polutan
Hasil berbagai riset termasuk yang dilakukan NASA dan ALCA mencatat bahwa tanaman lidah mertua terutama jenis sansevieria laurentii memiliki peran bagus dalam menetralisir dan menyerap beragam polutan dan radikal bebas di udara seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Setidaknya 107 jenis polutan bisa diserap dan diolah untuk dikeluarkan lagi dalam bentuk oksigen. Sangat dianjurkan bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga yang merokok untuk meletakkan sanseviera sebagai tanaman hias di dalam rumah.


(Sansevieria Laurentii)

2.    Menyerap Radiasi
Selain menyerap asap rokok dan bau tidak sedap tanaman ini juga mampu berperan aktif untuk menyerap gelombang radiasi yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik, seperti televisi, komputer dan handphone.

.3. Penghasil oksigen yang baik
Tingginya kandungan klorofil pada tanaman Sansiviera membantunya mempercepat proses fotosintesis yang menjadikan tanaman ini dapat menghasilkan O2 selama 24 penuh.

Nah, banyak sekali kan manfaat yang bisa kita dapat dari menanam tanaman tersebut. Selain lingkungan menjadi cantik dan asri juga terbebas dari ancaman polusi.

Tidak ada komentar