loading...

HEADLINE

TERNYATA DAUN KENIKIR BISA MENGOBATI PENYAKIT KANKER


Selama ini kita mengenal tanaman kenikir atau Cosmos Caudatus sebagai salah satu jenis sayuran yang mudah ditemukan disekitar lingkungan kita tinggal, Kenikir biasanya diolah menjadi lalapan, pecel atau campuran dalam sayur urap. Rasanya yang enak disertai baunya yang khas membuat kenikir punya penggemar sendiri di kalangan pencinta kuliner.
Adapun kandungan yang terdapat di dalam kenikir antara lain seperti Saponin, Flavonoida polifenol, mineral, magnesium, kalsium, vitamin A. vitamin C, vitamin E, tokoferol dll. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.
Di Indonesia Kenikir juga sejak lama dikenal dalam pengobatan tradisional di masyarakat. Kenikir dipergunakan untuk mengobati masalah bau mulut, menguatkan tulang, mengatasi payudara yang bengkak, gangguan lambung, gondongan hingga gangguan jantung.
Namun rupanya tidak hanya itu, penelitian yang diterbitkan oleh Life Science menyebutkan bahwa dalam pengobatan tradisional Cina tanaman herbal ini digunakan untuk pengobatan kanker payudara dengan tingkat kemampuan membunuh sel sel kanker hingga 98 % dalam jangka waktu kurang dari 16 jam.
Kandungan senyawa  yang terdapat pada tanaman tersebut memacu sel kanker melakukan apoptosis ( menghancurkan dirinya sendiri) sehingga tidak merusak jaringan yang sehat di sekitarnya.
Nah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dengan mengkonsumsi kenikir. Selain sebagai salah satu sumber gizi juga untuk menjaga kesehatan kita agar tetap prima. Masih tidak tertarik untuk menjadikan kenikir sebagai salah satu menu harian sehat kita? ( R.Tia/ dari berbagai sumber )

Baca Tulisan Lainnya:

Puisi Puisi Ivan Aulia Rokhman
Pertemuan Penyair Nusantara X 2017

Tidak ada komentar