loading...

HEADLINE

PUCUK LABU SIAM :MELIRIK POTENSI WISATA KULINER DI LAMPUNG BARAT






Setiap daerah tentu memiliki kekhasan kulinernya masing masing sebagai bentuk kekayaan budaya dan tradisi yang melekat di dalam jiwa masyarakat yang mendiami daerah tersebut.

Bumi Lampung Barat yang dianugerahi tanah yang subur dan hijau serta sumber air yang melimpah membuat berbagai macam jenis tanaman seperti kopi,lada, cengkeh serta jenis sayuran dan buah dapat tumbuh dengan baik disini termasuk salah satunya adalah tanaman labu siam.

Jika berkunjung ke wilayah paling barat di Provinsi Lampung ini jangan lupa untuk mencicipi menu yang satu ini. menu yang terdiri dari bahan pucuk labu siam ini dengan mudah ditemukan disajikan dalam hidangan keluarga sehari hari. 

Kenapa jadi pucuk labu siam? Menu sederhana ini ternyata cukup popular di lidah penduduk lokal maupun pendatang. Cara pengolahannya yang mudah serta rasanya yang enak membuat menu ini dengan mudah disukai apalagi oleh pecinta sayur sayuran. 

Selain itu kandungan gizi dan seratnya yang tinggi tentunya memiliki kontribusi yang bagus untuk menyehatkan pencernaan apalagi jika dapat dibudidayakan secara organik.


( Pucuk Labu Siam)

Labu siam atau disebut juga jipang merupakan tanaman sayuran yang tentunya tidaklah asing bagi masyarakat kita, tanaman dari Thailand yang dulu pertama kalinya di bawa oleh orang Belanda ke Indonesia ini dapat dimanfaatkan buah dan pucuknya untuk diolah dalam berbagai sajian kuliner, hanya saja tidak semua daerah terbiasa mengkonsumsi pucuknya untuk diolah sebagai menu masakan.


(Pucuk labu yang sudah siap diolah)

Cara mengolah pucuk labu siam ini sangat mudah, bisa dibuat sebagai tumisan atau masakan berkuah santan sesuai selera masing masing, berikut ini adalah salah satu resep yang bisa anda coba :

Bahan :
1. 500 gram Pucuk labu siam yang sudah dibersihkan dan dicuci bersih
2. 100 gram udang yang sudah dikupas kulitnya ( optional )

Bumbu :
1. 5 siung bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. 5 buah cabe merah keriting
4. 20 biji rawit 
5. Rampai / tomat cherry 5 buah
6. Garam secukupnya
7. Gula secukupnya
8. Terasi bakar secukupnya (optional)

Cara membuat :
1. Haluskan semua bumbu
2. Tumis dengan sedikit minyak sampai mengeluarkan aroma
3. Masukan udang, masak sampai berubah warna lalu masukkan pucuk labu
4. Masak sampai layu, beri sedikit air, tambahkan garam dan gula
5. Masak sampai matang.

Nah, tidak susah kan cara membuatnya? Jadi, untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehari hari sebenarnya tidaklah mesti berbahan mahal, Kita dapat memanfaatkan sumber bahan pangan dan kearifan local yang ditemukan di lingkungan tempat kita tinggal.

Tentunya dengan sentuhan dan promosi yang baik menu masakan ini kelak tidak hanya terhidang sebagai menu harian di meja keluarga saja tapi juga bisa dijadikan sebagai salah satu kuliner daerah yang menjadi satu daya tarik untuk mendukung ikon pariwisata di Lampung Barat (R. TIA)




Tidak ada komentar