loading...

HEADLINE

(Berita Video, klik untuk menonton)_MELIRIK LOKASI WISATA KAMPUNG DOMBA-PANDEGLANG



Inilah Gunung Karang. Sebuah gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung ini masuk kedalam kelompok Stratovolcano, yakni gunung merapi yang sedang tertidur. Gunung ini memiliki ketinggian 1.778 m

Untuk menuju puncak gunung Karang Pandeglang, bisa melaui beberapa jalur pendakian, yakni melalui Pager batu dan kadu engang. Bisa juga mendaki dari arah kota, yakni melaui jalan Desa Juhut, Cihasem dan Ciekek

Di lereng gunung Karang terdapat banyak pemukiman penduduk, salah satunya adalah Kampung Domba. Kampung Domba berada di wilayah Cinyurup, Desa Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang.

Kampung Domba hanya berjarak sekitar 3,4 km dari alun alun Pandeglang, tetapi karena medan yang belum terlalu baik untuk menuju lokasi ini serta masih kurangnya publikasi atau promosi tentang aspek wisata alam pegunungan, membuat lokasi ini belum dikenal secara luas. 

Jika dimaksimalkan oleh pemerintah setempat, Kampung Domba yang terdapat di punggung gunung karang ini bisa saja menjelma menjadi sebuah titik wisata yang menarik serta ramai dikunjungi. Udara yang sejuk, pemandangan lembah yang menawan, menjadi panorama yang diminati para wisatawan.

Kampung Domba sendiri berdiri sejak tahun 2013 silam. Dihuni oleh 47 kepala keluarga.  Disebut Kampung Domba karena masyarakatnya menggantungkan mata pencaharian dengan beternak domba, tetapi ada juga yang beternak kelinci dan sapi perah, di lokasi ini ketersedian rumput sebagai pakan ternak masih melimpah.

Selain menghasilkan produk daging, di lokasi ini juga memproduksi susu murni yang ditawarkan kepada para pengunjung. Di sini juga terdapat kolam renang air alam dan villa sabah juhut, disediakan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Masyarakat setempat sangat berharap agar pemerintah Kabupaten Pandeglang bisa memaksimalkan lokasi ini sebagai salah satu tujuan wisata, guna meningkatkan perekonomian warga.


(Arief Rachman, wartasimalaba.com, melaporkan dari Pandeglang-Banten)

Tidak ada komentar