loading...

HEADLINE

MUSIM_BUAH _DI NEGERI KAMI : EDISI BUAH PAPAKIN



Ada teman dari Lampung yang bertanya "Mba, buah Lay itu seperti apa sih?". Nah, kalian juga pastinya jadi penasaran kan?

Di wilayah Borneo orang biasa menyebutnya Lay ( Durio kutojensis) Pampakin, atau Paken dll sesuai wilayah, kerennya buah ini merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di lereng lereng pegunungan Borneo. 


Sekilas penampakannya seperti durian tetapi percayalah rasanya sama sekali tidak mirip dengan durian, kulit durinya tumpul dengan daging buah berwarna oranges, rasanya yang manis legit membuat papaken memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Buah ini memiliki kandungan tryphtopan, kalium, serat, vit B kompleks yang tinggi dengan kadar alkohol dan kolesterol yang rendah  sehingga dianggap lebih aman dikonsumsi oleh orang orang yang memiliki pantangan mengkonsumsi durian, sehingga papaken memiliki penggemarnya sendiri.

Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi, merupakan buah musiman yang berbuah setahun sekali biasanya setelah musim durian selesai baru buah ini bermunculan sebagai penutup musim buah di tahun tersebut.

Nah, makin penasaran kan seperti apa rasanya. Ayo berkunjung ke Banjarmasin ( R.Tia dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar