loading...

HEADLINE

MUSIM_BUAH DI NEGERI KAMI : EDISI_BUAH KASTURI


Siapapun pasti tergoda untuk mencicipi rasa buahnya yang terlihat fresh dan  mengiurkan. 

Ya inilah Kasturi (Mangifera casturi) sepupu dari buah mangga ini konon katanya hanya tumbuh di tanah Borneo dengan pohonnya yang tinggi besar dan rimbun membuat tanaman ini mampu hidup hingga berpuluh puluh tahun lamanya.

Pilihlah yang berbintik dengan kulit paling gelap. Rasanya manis segarrrr, karena buahnya kecil cara terbaik sekaligus terekstrim menikmatinya adalah dengan mengupas dan menggigit sisi sisinya dengan mulut.....slurrrrp...slurrrp mangga jenis yang lain lewat deh.

Jika anda pernah berdomisili di Kalimantan dan melalui masa kecil ditahun 70 hingga 90 an pasti pernah menikmati bagaimana serunya berebut memunguti buah ini. Saat pagi hari atau turun hujan dan ada angin yang cukup kencang merupakan saat saat paling membahagiakan berada di bawah pohon ini, bagaimana tidak? pohon raksasa ini akan meluruhkan buah ranumnya dari tangkai tangkainya yang gemulai.

Jika sudah berada dalam lingkaran moment tersebut, sudah tak peduli lagi walaupun kaki penuh lumpur ataupun baju yang kotor terkena getah atau bahkan kepala benjol karena dijatuhi buahnya.

Tidak ada hal yang ditakuti lagi kecuali panggilan sakral si mama yang akan menghampirimu sambil membawa pentungan kayu galam jika kau tidak segera pulang 😅

Sekarang boleh dibilang pohon kasturi ini sudah mulai langka sebab sudah jarang ditemui entah karena ditebang untuk diambil kayunya atau tumbang, contohnya saja pohon kasturi yang ada di samping rumahku yang akhirnya tumbang karena dimakan usia 😢kini hanya di daerah daerah tertentu saja yang masih menyimpan habitat pohon ini untuk tumbuh.

Ah kasturi, Semoga masih ada yang tersisa untuk anak dan cucuku nanti. Save for Mangifera casturi (R.Tia)



Tidak ada komentar